Panduan Untuk Mengenali Ciri-Ciri Kedelapan Intelegensi Anak

Posted by Unknown Friday, February 26, 2016 0 komentar
Ada beberapa ciri-ciri tingkah laku anak yang dapat menunjukkan intelegensi yang dimiliki oleh anak tersebut, berikut penjelasannya.

A. Anak yang Memiliki Intelegensi Linguistik, biasanya memiliki ciri-ciri kebiasaan (1) berpikir dalam kata-kata; (2) suka membaca dan manulis;(3) menyukai cerita;(4) suka bermain permainan kata; (5) punya memori bagus untuk nama, tempat, tanggal, puisi, lirik dan hal kecil; (6) mengetahui mengeja itu mudah; (7) punya kosa kata yang berkembang baik.

B. Intelegensi Logika dan Matematika, biasanya memiliki ciri-ciri kebiasaan (1) mudah melihat pola; (2) suka ide-ide abstrak; (3) suka permainan strategi dan teka-teki logika; (4) menjumlah dengan mudah di luar kepala, mengajukan pertanyaan yang besar, misalnya “dimana alam semesta berakhir”; (5) menggunakan computer; (6) membuat alat untuk menguji benda yang tidak Anda mengerti; (7) berpikir dalam kategori melihat hubungan antar ide.

C. Intelegensi Spasial, biasanya memiliki ciri-ciri kebiasaan (1) berpikir dalam Image dan gambar; (2) mudah mengingat dimana benda telah diletakkan; (3) suka menggambar, merancang, membangun, melamun; (4) membaca peta dan diagram dengan mudah; (5) mengerjakan teka-teki jigsaw dengan mudah; (6) terpesona oleh mesin; (7) meniru gambar dengan akurat.

D. Intelegensi Musikal, biasanya memiliki ciri-ciri kebiasaan (1) sering bernyanyi, bersenandung atau bersiul sendiri; (2) ingat melode; (3) punya indera yang baik untuk ritme; (4) memainkan sebuah instrument; (5) sensitif terhadap suara di lingkungan; (6) perlu musik sewaktu belajar.

E. Intelegensi Fisik/Kinestetik, biasanya memiliki ciri-ciri kebiasaan (1) mengingat melalui sensasi fisik; (2) sulit duduk diam yang lama; (3) punya intuisi tentang jawaban ujian; (4) bagus dalam olahraga dan tari atau acting atau mime; (5) punya koordinasi yang sangat bagus; (6) berkomunikasi dengan baik melalui isyarat; (7) belajar paling baik melalui aktivitas fisik; (8) simulasi dan role play; (9) meniru orang dengan mudah.

F. Intelegensi Interpersonal, biasanya memiliki ciri-ciri kebiasaan (1) memahami orang dengan baik; (2) belajar paling baik dengan berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain; (3) bagus dalam memimpin dan mengorganisir; (4) mengerti perasaan orang lain; (5) penengah di antara orang-orang; (6) suka bermain permainan sosial; (7) mendengarkan orang lain dengan baik.

G. Intelegensi Intrapersonal, biasanya memiliki ciri-ciri kebiasaan (1) suka bekerja sendiri; (2) memotivasi dirinya sendiri; (3) intuitif; (4) mempunyai perasaan sendiri; (5) berkemauan kuat dan punya pendapat personal yang kuat; (6) menentukan tujuan sendiri; (7) percaya diri; (8) reflektif; (9) sadar akan kekuatan dan kelemahan pribadinya sendiri.

H. Intelegensi Naturalistik, biasanya memiliki ciri-ciri kebiasaan (1) mengenali flora dan fauna; (2) membedakan dan mengenali pila di alam; (3) menggunakan hal-hal umum dan khas untuk mengkategori dan mengolompokkan fenomena; menggunakan kriteria secara konsisten; (4) menggunakan kemampuannya ini secara produktif, misalnya bertani, memelihara binatang, perlindungan. Nah, demikian informasinya, semoga bermanfaat :D 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Panduan Untuk Mengenali Ciri-Ciri Kedelapan Intelegensi Anak
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ahmadrizani-spd.blogspot.com/2016/02/panduan-untuk-mengenali-ciri-ciri.html?m=1. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment