Apa Itu Strategi Mengajar

Posted by Unknown Wednesday, June 1, 2016 0 komentar

Apa Itu Strategi Mengajar


Strategi mengajar secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu garis besar haluan bertindak untuk mencapai sasaran mengajar yang telah ditetapkan. Newman dan Logan, dalam bukunya yang berjudul Strategy Policy and Central Management (1971:8), menyebutkan bahwa strategi dasar dari setiap usaha akan mencakup empat hal, yaitu



  1. Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi serta kualifikasi hasil seperti apa yang harus dicapai dan menjadi sasaran usaha itu, yang sesuai dengan aspirasi dan selera masyarakat.
  2. Mempertimbangkan dan memilih jalan pendekatan utama yang dipandang paling efektif untuk mencapai sasaran tersebut.
  3. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah apa saja yang akan ditempuh untuk mencapai sasaran tersebut.
  4. Mempertimbangkan dan menetapkan kriteria serta patokan ukuran yang harus dipergunakan untuk mengukur dan menilai taraf keberhasilan usaha tersebut.


Berkenaan dengan itu guru sebagai pelaku pengajaran harus mampu mempertimbangkan keempat hal tersebut, sehingga dia akan dapat menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan target yang telah ditentukan secara efektif dan efisien.


Guru harus mampu mendesain dan memperaktikkan  sebuah strategi pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa senang belajar. Jika siswa senang belajar, daya serap mereka pun akan meningkat dan suasana pembelajaran juga akan kondusip.



Demikian postingan tentang strategi mengajar. Semoga bermanfaat.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Apa Itu Strategi Mengajar
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ahmadrizani-spd.blogspot.com/2016/06/apa-itu-strategi-mengajar.html?m=1. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment