Presentasi Ilmiah Guru

Posted by Unknown Thursday, June 2, 2016 0 komentar

Presentasi Ilmiah Guru

Presentasi Ilmiah Guru

 Download RPP, Silabus, KKM, Promes, Prota Lengkap

Yang akan naik jabatan dari Guru Madya golongan ruang IV/c ke Guru Utama golongan ruang IV/d, di samping harus  memiliki 5 (lima) angka kredit dari subunsur pengembangan diri dan 14 (empat belas) angka kredit dari subunsur publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif, yang bersangkutan diwajibkan melakukan presentasi ilmiah. Presentasi ilmiah dilakukan secara lisan dan terbuka dihadapan Tim Penilai Tingkat Pusat, akademisi dan pejabat setempat. Waktu dan tempat pelaksanaan presentasi akan ditetapkan oleh tim penilai, disesuaikan dengan jumlah guru dan lokasi guru yang akan melaksanakan presentasi. Penyelenggaraan kegiatan presentasi dilakukan oleh LPMP setempat.  Guru yang akan melakukan presentasi diwajibkan membuat makalah yang menjelaskan secara ringkas dan lengkap semua kegiatan PKB yang telah dilakukan. Makalah tersebut harus menjelaskan tentang:  1. Uraian rinci dari  setiap macam kegiatan pengembangan diri yang telah dilakukan, meliputi: a) nama kegiatan pengembangan diri; b) waktu dan tempat kegiatan; c) tujuan kegiatan; d) berapa lama kegiatan dilaksanakan; e) nama penyelenggara kegiatan; f) hasil yang diperoleh guru yang bersangkutan; dan g) tindak lanjut yang telah dilakukan dari hasil pengembangan diri.
Download Media Pembelajaran Interaktif dan Aplikasi Pendidikan
2. Uraian rinci dari  setiap macam publikasi dan/atau karya inovatif yang telah dilakukan, meliputi: a) macam publikasi dan/atau karya inovasi; dan  b) abstrak atau ringkasan penjelasan hasil publikasi dan/atau karya inovatif.

Di samping makalah di atas, guru yang bersangkutan wajib menyiapkan tayangan (misalnya dalam bentuk ”power point”) yang akan disajikan pada presentasi dengan durasi sekitar 30 menit dilanjutkan dengan adanya diskusi terkait dengan materi paparan. Hasil presentasi yang ditetapkan oleh tim penilai, merupakan bagian  persyaratan wajib untuk kenaikan jabatan dari Guru Madya golongan ruang IV/c ke Guru Utama golongan ruang IV/d. D. Besaran Angka Kredit untuk Karya yang dilakukan Secara Bersama Karya yang dihasilkan secara bersama, dilaksanakan maksimum oleh 4 (empat) orang guru, yang terdiri dari penulis utama dan penulis pembantu. Jumlah penulis pembantu paling banyak 3 (tiga) orang.  Bila jumlah penulis  pembantu lebih dari 3 (tiga) orang, maka penulis pembantu nomor urut ke empat dan seterusnya tidak dapat memperoleh  angka kredit.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Presentasi Ilmiah Guru
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ahmadrizani-spd.blogspot.com/2016/06/presentasi-ilmiah-guru.html?m=1. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment