Bagaimana Langkah-Langkah Model Pembelajaran Penemuan?
Friday, March 4, 2016
0
komentar
PEMBELAJARAN- Secara
keseluruhan, langkah-langkah model pembelajaran penemuan adalah sebagai
berikut.
1. Pemberian
Rangsangan
Pertama-tama
pada tahap ini peserta didik dihadapkan pada sesuatu yang menimbulkan kebingungan, kemudian dilanjutkan untuk tidak memberi generalisasi, agar
timbul keinginan untuk menyelidiki
sendiri. Di samping itu, pendidik dapat memulai kegiatan pembelajaran
dengan mengajukan pertanyaan, anjuran membaca buku, dan aktivitas belajar
lainnya yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah. Stimulasi pada tahap
ini berfungsi untuk menyediakan kondisi interaksi belajar yang dapat
mengembangkan dan membantu peserta didik dalam mengeksplorasi bahan.
2. Identifikasi
Masalah dan Merumuskan Hipotesis
Setelah
dilakukan stimulasi, langkah selanjutnya adalah pendidik memberi kesempatan
kepada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin agenda-agenda masalah yang relevan dengan bahan pembelajaran,
kemudian salah satunya dipilih dan dirumuskan
dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah).
3. Pengumpulan
Data
Ketika
eksplorasi berlangsung, pendidik juga memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis.
Tahap ini berfungsi untuk menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya
hipotesis, dengan demikian anak didik diberi kesempatan untuk mengumpulkan
berbagai informasi yang relevan, membaca
literatur, mengamati objek, wawancara dengan narasumber, melakukan uji coba
sendiri dan sebagainya.
4. Pengolahan
Data
Pengolahan
data merupakan kegiatan mengolah data dan informasi yang telah diperoleh para
peserta didik melalui wawancara, observasi, dan sebagainya, lalu ditafsirkan. Semua informasi hasil
bacaan, wawancara, observasi, dan sebagainya, semuanya diolah, diacak, diklasifikasikan, ditabulasi, bahkan bila perlu
dihitung dengan cara tertentu serta ditafsirkan pada tingkat kepercayaan
tertentu.
5. Pembuktian
Pada tahap
ini, peserta didik melakukan pemeriksaan
secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang
ditetapkan tadi dengan temuan alternatif, dihubungkan dengan hasil data. Selain
itu, bertujuan agar proses belajar berjalan dengan baik dan kreatif jika
pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan suatu
konsep, teori, atura atau pemahaman melalui contoh-contoh yang ia jumpai dalam
kehidupannya.
6. Menarik
Simpulan/Generalisasi
Tahap
generalisasi/menarik simpulan adalah proses
menarik sebuah simpulan yang dapat dijadikan prinsif umum dan berlaku untuk
semua kejadian atau masalah yang sama. Berdasarkan hasil verifikasi, maka
dirumuskan prinsif-prinsif yang mendasari generalisasi. Demikian
informasi yang bisa admin bagi, semoga bermanfaat :D
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Bagaimana Langkah-Langkah Model Pembelajaran Penemuan?
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ahmadrizani-spd.blogspot.com/2016/03/bagaimana-langkah-langkah-model.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Post a Comment