6 Gaya Berkomunikasi Guru yang Disukai Siswa dan Guru Lainnya

Posted by Unknown Saturday, April 30, 2016 0 komentar
KOMUNIKASI-Merupakan kegiatan yang pasti dilakukan oleh seorang guru setiap harinya. Banyak gaya komunikasi yang dapat diterapkan oleh seorang guru untuk mendukung lancarnya proses pembelajaran dan komunikasi antar sesama guru di sekolah. Gaya berkomunikasi guru merupakan kemampuan guru baik secara verbal maupun nonverbal dalam berkomunikasi secara efektif dan penuh perhatian kepada para siswa, sehingga para siswa memiliki kemungkinan memperoleh nilai yang tinggi dari pelajaran yang diikiuti. Berdasarkan pengamatan, paling tidak ada 6 tipe gaya komunikasi guru yang sangat baik dan efektif membantu para siswa dalam menguasai pelajaran dan berhasil secara optimal. Apa saja ke 6 gaya berkomunikasi tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Ramah/Bersahabat
Guru yang ramah biasanya suka menyapa, dan sangat mampu bergaul secara sehat di antara para siswa. Guru tersebut bisa memberikan dukungan, dorongan, persetujuan dan menopang siswa dengan cara-cara yang positif. Mereka lebih seperti berbicara dengan teman dan berbicara kepada siswa dengan penuh persahabatan.
2. Singkat/Padat
Gaya berkomunikasi singkat dan padat, tepat sasaran, dan membimbing siswa dalam menjelaskan materi sangat berdampak positif dalam pembelajaran. Guru yang berkomunikasi dengan singkat dan padat biasanya sangat baik dalam menyampaikan isi pokok bahasan, memberikan contoh untuk memperjelas dan sangat mudah dimengerti.
3. Penuh Perhatian
Guru yang penuh perhatian, pendengar yang baik, dan fokus pada pembicaraan biasanya akan terjadi komunikasi dua arah (interaktif) dengan siswa, sehingga terjadi interaksi yang dapat memberikan konfirmasi atau tindak lanjut bagi proses pembelajaran yang telah dipelajari.
4. Hidup dan Animatif
Gaya berkomunkasi guru ini biasanya sangat bersemangat dan antusias baik secara verbal maupun nonverbal. Ia aktif menggunakan kreativitas seni dalam berbicara atau mengajar. Pelajaran yang disampaikan dengan hidup, bersemangat, dan antusias tentu akan mudah dicerna dan diingat siswa. Dengan gaya berkomunikasi ini guru menarik perhatian siswa dan membuat mereka fokus pada materi pelajaran yang sedang dijelaskan.
5. Relaks
Guru yang berkomunikasi dengan gaya ini biasanya sangat tenang, kalem, menguasai diri, dan mengatur sikap dan perilakunya secara terukur. Guru ini tidak diselimuti oleh kecemasan, keraguan, dan gerak yang membingungkan. Dia dipandang siswa sebagai guru yang penuh percaya diri, kompeten, menguasai diri dan terkoordinasi.
6. Daramatik
Gaya berkomunikasi ini biasanya dapat memberikan efek yang kuat, unik, dan mengejutkan sewaktu memberikan pelajaran. Guru ini biasanya menggunakan pernyataan-pernyataan yang berlebihan, perbandingan yang dibesar-besarkan, cerita yang mengejutkan, metafora, barang-barang, gambar, gerakan, anekdot, humor, sarkasme, dan satire untuk menarik perhatian siswa.
Guru yang berkomunikasi dengan gaya berkomunikasi yang baik akan memberikan pengaruh positif juga dengan pembelajaran kognitif maupun afektif, serta psikomotor.
Demikian 6 gaya berkomunikasi guru yang disukai siswa dan guru lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 6 Gaya Berkomunikasi Guru yang Disukai Siswa dan Guru Lainnya
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ahmadrizani-spd.blogspot.com/2016/04/6-gaya-berkomunikasi-guru-yang-disukai.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment