Rahasia Mengapa Publikasi Ilmiah Guru Ditolak

Posted by Unknown Saturday, February 13, 2016 0 komentar

Sering kita kebingungan mengapa publikasi ilmiah kita ditolak oleh tim penilai. Padahal kita sudah merasa melakukan publikasi tersebut sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh undang-undang. Mau tau rahasianya? Oke, admin akan kupas rahasia dapur tim penilai. Simak penjelasan berikut.

Dalam melaksanakan penilaian terhadap PUBLIKASI ILMIAH, ada tiga langkah yang harus diperhatikan oleh Tim Penilai, yaitu:
Langkah Pertama
  1. Penilai akan mengambil format penilaian yang sudah disediakan.
  2. Penilai akan mengambil publikasi ilmiah yang kita ajukan.
  3. Kemudian penilai akan memperhatikan identitas kita sebagai guru dengan teliti, (jadi jangan sampai keliru dalam menulis identitas kalian guys)
  4. Penilai akan mensesuaikan isian yang telah ada dalam format penilaian tim penilai.
  5. Bila ada yang tidak sesuai, maka tim penilai akan berkonsultasi lagi dengan petugas sekretariat.
  6. Bila PUBLIKASI ILMIAH tersebut merupakan pengajuan kembali (apelan), atau yang pernah ditolak, maka penilai akan membaca dengan cermat isi surat penolakan terdahulu, dan akan mempertimbangkan kembali apa yang telah disarankan dalam surat tersebut. Bila tidak ada surat terdahulu, maka tim penilai akan menanyakan kepada sekretariat. 
Langkah Kedua
Tim penilai akan mencermati   apakah Publikasi Ilmiah-nya memenuhi persyaratan APIK (Asli, Perlu, Ilmiah dan Konsisten) (terutama keaslian Publikasi Ilmiahnya).
  1. Tim penilai akan membaca Publikasi Ilmiah secara  cepat namun cermat dan  akan memperhatikan indikator-indikator sebagaimana  tertera pada alasan penolakan dan saran pada kegiatan Publikasi Ilmiah nomor 1 sampai dengan 4 di bawah ini ( Asli, Perlu, Ilmiah dan Konsisten).
  2. Bila tidak memenuhi syarat, tim penilai akan menuliskan nomor alasan penolakan pada format penilaian.
  3. Bila APIK terpenuhi, tim penilai akan meneruskan dengan membaca lebih cermat dan menentukan JENIS PUBLIKASI ILMIAHNYA 
Langkah Ketiga
Pada langkah ini, tim penilai akan mencermati Publikasi Ilmiah sesuai dengan JENIS PUBLIKASINYA. 
  1. Tim Penilai akan melihat nomor alasan dan saran dari nomor  5 sampai dengan  16 di bawah ini. Tim penilai akan menilai publikasi ilmiah sesuai dengan nomor alasan yang sesuai dengan JENIS Publikasinya.
  2. Bila tidak memenuhi syarat, maka tim penilai akan menuliskan nomor alasan penolakan dan saran pada format penilaian.
  3. Bila telah menuhi semua persyaratan, maka tim penilai akan memberikan nilai yang sesuai dengan ketetapan pada format penilaian.
 Nah, demikian informasi yang dapat admin bagi, semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Rahasia Mengapa Publikasi Ilmiah Guru Ditolak
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ahmadrizani-spd.blogspot.com/2016/02/rahasia-mengapa-publikasi-ilmiah-guru.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment